Social Icons

Wednesday, November 2, 2016

MENGENAL PERUBAHAN ASI AWAL DAN ASI MATANG




 Kadar ASI tidak selalu tetap, perubahan disesuaikan dengan perubahan makanan yang dimakan oleh ibu, ASI juga akan mengalami sedikit perubahan.
Terkadang ibu merasakan setelah makan sesuatu yang jarang dimakan bayinya berubah menjadi gelisah. Tapi kebanyakan ibu yang menyusui boleh melanjutkan makanan yang biasa dimakan. Untuk bumbu yang merangsang seperti : merica, bawang dan lain-lain, umumnya tidak mempengaruhi air susu membuat bayi menjadi gelisah.


Susu Awal :

Beberapa hari setelah melahirkan akan menghasilkan susu awal, kemudian air susu berwarna kuning, kental dan kadarnya sedikit , tapi cukup untuk bayi yang normal. Dalam beberapa hari permulaan susu awal benar-benar sangat diperlukan oleh bayi.
Susu awal mengandung lebih banyak kekebalan dan sel darah putih, bayi seperti mendapat suntikan imunisasi untuk pertama kalinya, yang melindungi bayi dari banyak virus dan kuman yang akan dihadapinya,
Susu awal juga mengandung faktor pertumbuhan, merangsang pertumbuhan usus bayi yang belum matang. Faktor pertumbuhan ini menjadikan usus bayi siap mencerna dan menyerap air susu, dan mencegah terisapnya protein yang belum dicerna. Jika sebelum minum susu awal, bayi telah menerima susu bubuk atau makanan lainnya, makanan ini akan merusak saluran usus dan menyebabkan alergi.
Susu awal seperti obat mencret ringan yang akan membantu bayi mengeluarkan kotoran dan menghindari penyakit kuning di waktu mendatang.

Susu Matang :


Setelah satu atau dua minggu menyusui, air susu akan bertambah, organ luar dan rangkanya juga akan berubah yang dinamakan “susu matang”. Susu matang kelihatannya lebih jernih dari susu bubuk, oleh karena itu ada beberapa ibu khawatir gizinya tidak cukup. Sebenarnya mengandung semua gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Bahkan dalam cuaca yang panas, semua cairan yang di butuhkan bayi bisa di peroleh dari ASI.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates