Social Icons

Friday, November 4, 2016

PENTINGNYA ASAM FOLAT BAGI IBU HAMIL

  1. Di negara ini 10 tahun terakhir jumlah perbandingan bayi yang cacat saluran sarafnya 0.4-10/00, rata-rata tingkat kejadian 7 dari 10.000 (tahun 1993 hingga 2002 dari hasil survei menyatakan laporan cacat saluran saraf semakin meningkat).
  2. Hasil penelitian study di Amerika menyatakan, saat hamil pengkonsumsian asam folat yang cukup dapat mencegah dan mengurangi 50-70% cacat bawaan otak dan saraf tulang belakang janin serta kelainan tabung saraf, disarankan bagi yang berencana untuk melanjutkan keturunan atau wanita usia subur setidaknya 12 minggu sebelum kehamilan, setiap harinya mengkonsumsi 400800mg asam folat, hingga kehamilan 2-3 bulan. DiInggris juga menyarankan bagi wanita yang mempersiapkan kehamilan dan kehamilan sebelum 12 minggu, setiap harinya dianjurkan 400 mg.
  3. Disarankan persiapan sebelum kehamilan setidaknya 1 bulan, mulai mengkonsumsi asam folat , dianjurkan setiap harinya sejumlah 400 mg; selama hamil tidak membedakan periodenya setiap hari mensuplemen 200 mg asam folat, untuk kebutuhannya serta janin.
  4. Asam folat terdapat pada makanan, misalnya : daging, hati, ragi, sayuran hijau dan produk kedelai, dll, dianjurkan prioritas mengkonsumsi asam folat dari bahan alami, bila konsumsi dari makanan tidak cukup, perlu petunjuk dari dokter, untuk penambahan asam folat. (Sumber data : Badan Pengawasan Produk dan Obat-obatan Lembaga Kesehatan / Buku Pedoman Kesehatan Ibu Hamil Badan Kesehatan Nasional).

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates